Tips Untuk Karokean Maya

So dear ladiesman & gentlewati. Berhubung di akhir 2011 kemarin saya baru buka akun soundcloud, yakni sebuah tempat dimana kita bisa pamer segala sesuatu yang bersifat audio. Bisa pamerin nyanyian kamu, permainan gitar kamu, baca puisi, bahkan ngelawak. Banyak band-band yang buka akun ini juga sebagai ‘teaser’ karya mereka. Yah, ini adalah youtube tanpa video gitu deh.

Tampilan seperti ini atau silahkan buka akun di www.soundcloud.com

Tenang aja. Gratis. Tapi terbatas, kamu hanya bisa mengupload berapapun track dengan total durasi 2 jam (kalo ga salah). Lalu disini orang-orang bisa faved track kamu, bisa comment suara kamu, bisa kritik, bisa mual atau muntah #eaaa. 

Oiya, ada pilihan, kamu memperbolehkan orang-orang untuk mendownload atau tidak. Lumayan cyiin, berasa penyanyi beneran ya gak sih.

Nah, since saya ini orangnya ga bisa main musik padahal pengen bisa. Dan kayaknya aneh kalo cuma suara saya doang yang saya rekam. Jadilah setelah tanya tanya teman dan riset di gunung kidul, saya menemukan cara untuk membuat karoke maya dan bisa di share di lahan soundcloud ini. Ini juga sekalian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering banget ditanyain padahal udah dijelasin di timeline berkali-kali. Ya gpp sih, soalnya kan ga semua orang liattimeline saya waktu itu. Begini tipsnya ya:

  1. Cari minus one. Caranya : search lagu yang kamu inginkan di google atau youtube, imbuhkan kata instrumental / karaoke version. [judul lagu - karaoke ; instrumental version]. Misal : Gundul - gundul pacul - karaoke version. Oiya bisa juga cari piano only / guitar only. 
  2. Biasanya sih lebih lengkap kalo nyanyi lagu luar negeri, mungkin orang-orang bule banyak yang kurang kerjaan jadi tiap lagu dibikin minus one satu-satu #eaaa #dibuangdaribumi. 
  3. Gak semua ada mp3-nya. Kalo ketemu di youtube, formatnya kan video, convert ke MP3. Bisa pake vidtomp3.com. Jadi deh Mp3 Minus onenya. 
  4. Kalo pake mac, saya gunain garage band. Nah minus one tadi dibikin layer, lalu nanti saya tinggal cuap cuap parampampam gitu, lalu saya jadiin mp3 saya upload deh di soundcloud.
  5. Kalo pake bukan mac, aduh maaf ya, saya ga tau T_T

Kalo dibilang saya ngajarin cara membajak, huhuw, ya maaf. Ini saya niatnya cuma membawa orang-orang yang suka karokean untuk bisa berkreasi di rumah. Ya sapa tau dari soundcloud ada produser yang tertarik ya gak ya gak ya gak.

Akhir kata……mampir ya ke soundcloud saya #eaaa. Menerima ajakan duet, diajarin piano, gitar & karoke :)) 

  1. sewandrender reblogged this from rahneputri
  2. dhilatoisuta reblogged this from rahneputri
  3. devidevv reblogged this from rahneputri
  4. fillywillywinky reblogged this from rahneputri
  5. momonalisa reblogged this from rahneputri
  6. ayundasan reblogged this from rahneputri
  7. rahneputri posted this